loader

5 April 2023 M / 13 Ramadhan 1444 H

Kali ini kegiatan lanjutannya setelah silaturahim dengan KOPERTAIS II mengadakan Benchmarking ke Lembaga Penjamin Mutu UIN Bandung.

Diterima oleh Ketua LPM Dr. H. Ija Suntana, M.Ag., Sekretaris LPM Dr. Izzah Faizah Siti Rusydati Khaerani, M.Ag. dan Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu Dr. Iu Rusliana, S.Fil., M.Si. kami menyampaikan niat kami untuk belajar terkait best practise di LPM UIN Bandung.

Beliau menyampaikan bahwa Struktural di LPM terdiri dari Ketua LPM, Sekretaris, Ketua Pusat Unit, Staf, lalu Kepala Penjamin Mutu Fakultas dan Gugus Penjamin Mutu Prodi serta dua Auditor Internal di setiap Prodi, kesemuanya diberikan SK langsung oleh Rektor UIN Bandung.

Terkait hak dan kewajiban Ketua LPM bertanggung jawab atas Akreditasi Institusi, Kepala Penjamin Mutu bertanggung jawab atas Akreditasi di Fakultas, dan Gugus Penjamin Mutu bertanggung jawab atas Akreditasi Prodi.

Lebih lanjut Sekretaris LPM Ibu Izzah menjelaskan Audit Mutu Internal baru berfokus pada akademik di bawah Wakil Rektor I dan pelatihan serta peningkatan kompetensi stuktural LPM melalui pelatihan bersertifikasi dan peningkatan pemahaman mutu di lingkungan kampus.

Bersama Dr. Izzah dan Dr. Iu LPM UIN SGD Bandung Jawa Barat

Keberadaan PDDikti menjadi sangat vital sehingga di LPM UIN Bandung dibentuk secara khusus Kepala Pusat Unit PDDikti untuk memantau data-data Prodi dan Kampus terkait rasio dosen dan mahasiswa.

Penggunaan aplikasi berbasis sistem digital sangat penting sekali sehingga pemantauan dan pelaksanaan mutu berjalan dengan efektif dan efisien.

Di akhir sesi kepala LPM Dr. Ija menegaskan siap menjalin MoU untuk peningkatan kualitas dan sinergi dengan IAI Tazkia dan mengingatkan perlunya komitmen dan dukungan semua pihak terkait sukses atau tidaknya pelaksanaan penjaminan mutu dan siklus PPEPP di institusi. Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama.

Salam LPM TerBaiK (Terdokumentasi, Berkualitas, Kompeten)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *