loader

Selasa, 13 Februari 2024/03 Syaban 1445 H

Kali ini LPM Talk Series menghadirkan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam untuk menyampaikan keunggulan dari Program Studi ini yang fokus pada dunia dakwah dan digital.

Dalam sambutan pembuka Direktur LPM IAI Tazkia Asnan Purba, Lc., M.Pd.I. menyampaikan apresiasi kepada KPS KPI Dr. Sutopo, M.P. atas kesediaan waktunya menjadi pemateri dalam kegiatan ini.

Adapun bahasan yang dipresentasikan adalah sebagai berikut:

  1. Mengenal lebih dekat salah satu program studi terbaru di Institut Tazkia yaitu “Komunikasi dan Penyiaran Islam”. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Institut Tazkia merupakan program studi yang menawarkan kepada para mahasiswa untuk menjadi Moslem Digitalpreneur Communication dan Moslem Practitioner Public Relation untuk menjawab kebutuhan masyarakat postmodern dan digital.
  2. Program studi ini merupakan induk dari beberapa ilmu turunannya seperti Periklanan, Penyiaran atau Broadcasting, Jurnalistik, Kajian Media, Public Relation dan Ilmu Dakwah. Pada perkuliahan tahun pertama, mahasiswa akan bertemu dengan beberapa mata kuliah umum seperti pengantar ilmu komunikasi, ilmu dakwah, komunikasi organisasi, komunikasi massa, komunikasi politik dan masih banyak lagi.
  3. Tidak hanya itu, mahasiswa prodi KPI ini juga akan belajar mengembangkan keahlian-keahlian lain seperti retorika (public speaking), fotografi, desain grafis, videografi, mengelola sebuah acara, merancang program televisi hingga membuat karya video berupa film pendek.
  4. Kenapa Harus Pilih Program Studi Komunikasi & Penyiaran Islam (KPI)?
    Program studi KPI Tazkia memberikan nilai lebih untuk para mahasiswa dengan nilai Spiritualisasi, Insersi, Modifikasi dan Islamisasi terhadap kurikulum program studi. Dengan diberikannya bekal perspektif keagamaan sangat bermanfaat baik untuk kehidupan pribadinya dan kelak karirnya kedepan, sehingga lebih mampu memahami objek studinya di Indonesia yang mayoritas berpenduduk agama Islam.
  5. Sebagai pendukung program studi disediakan fasilitas laboratorium Pusat Pengembangan Teknologi Dakwah yang menaungi Studio TV (Tazkia TV), Studio Radio (Radio Siaran Dakwah), dan Lab Komputer dan Design Grafis. Fasilitas pendukung lainnya disediakan perpustakaan digital yang memadai, dengan dukungan jaringan internet dengan wifi yang handal. Selain lingkungan dan fasilitas yang sangat mendukung, prodi KPI di dukung juga dengan dosen-dosen sebagai praktisi dengan pengalaman dan kepakaran disetiap bidangnya, sehingga memudahkan mahasiswa memahami teori dan praktik dalam industri media dan penyiaran.
  6. Pemaparan Visi dari Prodi KPI yaitu Menjadi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Unggul Bereputasi Global Berbasis Digital dan Berkarakter T.A.Z.K.I.A. pada Tahun 2030. Sementara itu Misi dari prodi ini diantaranya Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Komunikasi Penyiaran Islam yang bertata kelola Profesional dalam membangun Peradaban Masyarakat yang berkarakter T.A.Z.K.I.A pada 2030, Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Komunikasi Penyiaran Islam yang bertata kelola Profesional dalam membangun Peradaban Masyarakat yang berkarakter T.A.Z.K.I.A pada 2030, Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Komunikasi Penyiaran Islam sama dengan dunia industri dalam bidang Komunikasi Penyiaran Islam yang bertata kelola Profesional dalam membangun Peradaban Masyarakat yang berkarakter T.A.Z.K.I.A pada 2030, Menyelenggarakan layanan administrasi akademik dalam bidang Komunikasi Penyiaran Islam yang bertata kelola Profesional dalam membangun CX (customer Experience) yang berkarakter T.A.Z.K.I.A pada 2030.
  7. Program Kerja dan target dari KPI diantaranya KoPI-Novation yaitu Akreditasi “Baik Sekali” Students Camp, Sinergy, Industry, MBKM, Tridharma, Penembangan Laboratorium. KoPI-Blitz yaitu Webinar Ramadhan, Sanlat HMJ (Hakalam), KPI Got Talents (SMU), Students skill Development. KoPI-Qu yaitu Buku Putih KPI, Tim Quality, Budgeting, Pengembangan system interaksi mhsw-Ortu-KPI (AI Based), Penyempurnaan RPS, Silabus, dan Materi Ajar, Pengembangan Bisnis EO.
  8. Prospek kerja lulusan dari Program Studi diantara menjadi: Jurnalistik, Profesional Digital Communication dan Youtuber, Brodcaster TV dan Radio, Praktisi Komunikasi Dakwah, Peneliti Komunikasi Islam dan lainnya. Untuk meningkatkan karir civitas akademika program studi KPI telah terjalin Kerjasama dengan berbagai media massa diantaranya TVRI, Indosiar, Trans7, iNews, TV One, RRI, Fajri FM, Republika, Radar Bogor dan Suara Islam.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dari peserta dipandu oleh Moderator Ahmad Hapid, A.Md. dan ditutup dengan foto bersama.

Salam LPM TerBaiK (Terdokumentasi, Berkualitas, Kompeten)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *