Selasa, 12 November 2024 H/10 Jumadil Awal 1446 M
Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAI Tazkia kembali melaksanakan agenda rutinnya yaitu “LPM Talk” dan kali ini memasuki series ke-34. Tema yang diangkat yaitu “Sosialisasi Standar Operasional Pelaporan PDDikti IAI Tazkia”.
Dilaksanakan secara online, LPM Talk kali ini penting untuk disampaikan kepada semua bagian yang ada di IAI Tazkia karena akan berdampak langsung terhadap kelancaran proses administrasi akademik antara institusi kampus dengan pusat data di PDDikti. Lalu apakah saat ini sudah berjalan sesuai prosedur.
Dimulai pukul 09.00 WIB sesuai jadwal agenda ini dihadiri oleh beberapa bagian yaitu, LPM, Dekanat, Program Studi, dan Bagian Akademik. “Agenda Sosialisasi ini sangat penting untuk semua, karena berkaitan dengan SOP Pelaporan ke PDDikti” ungkap Ketua LPM IAI Tazkia Asnan Purba, Lc., M.Pd.I dalam sambutannya. Selanjutnya sebagai pemateri agenda hari ini Muhamad Iqbal, operator PDDikti IAI Tazkia mulai menyampaikan beberapa hal tentang SOP Pelaporan dan dipandu oleh moderator Hera Herdiansyah, M.E.
Seberapa Penting SOP ini diketahui oleh bidang lain? Ya tentu saja karena semua berperan penting, mulai dari kesiapan data, keabsahan data, validasi data sampai pada akhirnya dilaporkan oleh operator PDDikti.
Berikut disampaikan secara singkat SOP dalam Pelaporan PDDikti IAI TAZKIA:
- Yang dilaporkan adalah data mahasiswa;
- Tim IT menyiapakan rekapitulasi data mahasiswa di smile.tazkia.ac.id;
- Bagian Keuangan memvalidasi data yang sudah atau belum melakukan pembayaran;
- Bagian Akademik memvalidasi data akademik status mahasiswa dan proses kegiatan belajar mengajar;
- Kemudian divalidasi oleh Program Studi dan disampaikan kepada Dekan;
- Dekan melakukan proses persetujuan dari data laporan final;
- Operator melakukan pelaporan ke PDDikti (semester ganjil dan kelas perkuliahan, aktifitas perkuliahan dan Nilai mahasiswa;
- Operator mengajukan draft rekap pelaporan ke wakil rektor 1;
- Wakil rektor 1 memvalidasi rekap pelaporan PDDikti;
- Operator kembali mensubmit Rekapitulasi Data PDDikti dan selesai.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pelaporan yaitu ketepatan waktu melaporkan, karena jika dilakukan tidak sesuai dengan waktu yang sudah terjadwal, pelaporannya akan tertunda dan harus dilakukan pembukaan dengan meminta izin kepada admin pusat, jika hal itu terjadi maka akan berdampak kepada semua data mahasiswa bahkan terhadap akreditasi kampus.
Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi dari peserta dengan antusias, beberapa hal yang ditanyakan oleh peserta berkaitan data dan pelaporan.
Dalam kata penutupnya disampaikan oleh pemateri bahwa semua memiliki peran penting dalam proses ini. Dengan bekerja sesuai SOP maka akan menghasilkan pekerjaan yang teratur dan baik.
Acara ditutup dengan foto bersama.
Salam LPM TerBaiK (Terdokumentasi, Berkualitas, Kompeten)

